I. PETUNJUK
1. Peserta
Lomba diminta untuk mengerjakan soal-soal terlampir sebagai seorang Sekretaris.
2. Peserta
lomba diposisikan sebagai Sekretaris dari perusahaan yang bergerak di bidang
Penyediaan Peralatan Kantor, yaitu PT.
GENERAL OFFICE. Jalan Jend.Sudirman No.101, Yogyakarta, Telp (0274)
4343521, FAX (0274) 4343531, email : generaloffice@yahoo.com.
Pimpinan Anda
bernama Bapak Putra Aditya, SE.
Beliau menjabat sebagai Manager
Pemasaran.
Perusahaan
ini telah mengirimkan produksinya ke seluruh wilayah di Indonesia, dan beberapa
negara di wilayah ASIA dan Australia.
3.
Dokumen terdiri dari 10 soal lomba praktik yang harus
dikerjakan, yaitu :
1. Mengetik
kecepatan (Typing speed)
2.
Menangani Telephon ( Phone handling)
3. Membuat
Surat Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (Business Correspondence)
4.
Mengelola Kas Kecil (Petty cash reporting)
5. Membuat
Agenda Perjalanan Dinas (Business Trip Agenda)
6.
Menangani Arsip (Filling)
7. Membuat
Notulen (Minutes of Meeting)
8. Mencari
Informasi melalui Internet
9.
Wawancara
10. Membuat
Materi Presentasi dan melakukan Presentasi dengan menggunakan
Bahasa Inggris
Bidang Keahlian :
Bisnis dan Manejemen
Program Keahlian : Administrasi Perkantoran
Mata Uji :
Membuat Agenda Perjalanan Dinas Pimpinan
Nomor soal : 5
1. Petunjuk Kerja
a. Buatlah
Agenda Perjalanan Dinas Pimpinan dengan data-data terlampir dan sesuai
dengan format yang
lengkap dan benar. Ketik dengan menggunakan aplikasi Ms.
Word
b. Nilai Maksimal : 100
2. Bahan dan Peralatan yang
diperlukan
a. Komputer
b. Printer
c. Kertas HVS A4
d. Stepler
e. Kalender 2016
3.Informasi Alur Kegiatan
a. Bacalah dengan cermat
soal dalam bentuknarasi berikut
b. Buat format Agenda
Perjalanan Dinas Pimpinan yang lengkap dan benar
c. Masukan data – data
kegiatan secara kronologi
d. Periksa dan cetak hasil pekerjaan, simpan file pada
komputer Anda, dan berikan
idientitas pada
hasil pekerjaan yang Anda kumpulkan dengan format
LKS.2016 - No.Peserta
4.
SOAL
Anda diminta untuk mengatur jadwal
kegiatan dan perjalanan dinas pimpinan sesuai dengan catatan-catatan yang ada
sebagai berikut:
1.
Rabu, 5 Oktober
2016 Pukul 08.00 WIB memimpin rapat rencana pembangunan gedung kantor cabang
Semarang. Siapkan susunan acara tersebut.
2. Kamis, 13 Oktober 2016 Pukul 09.00 ada rapat
terbatas dengan Dewan Direksi membahas tentang rencana pembangunan gedung
cabang Surakarta. Rapat diselenggarakan di Hotel Inna Garuda, Jalan Malioboro
12 Yogyakarta. Data yang diperlukan site-plan
gedung.
3. Selanjutnya hari itu juga jam 13.00 Pimpinan
mendapat undangan rapat koordinasi perencanaan rekruitment pegawai baru untuk
Mall baru di daerah Bantul. Tempat ruang sidang Perusahaan. Data yang
diperlukan Job Analysis dan Job Description.
4. Senin, 17 Oktober 2016 Pukul 14.00 WIB. Ada surat
undangan dari Direktorat Ketenagaan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi
Jakarta. Tempat Hotel Grand Aston Jakarta, Ruang Rajawali lantai 7. Berangkat
hari Sabtu, 15 Oktober 2016 pukul 13.00 WIB dari Bandara Internasional Adi
Sutjipto, pulang dari Jakarta Selasa, 18 Oktober 2016, penerbangan Pukul 11.00
WIB menggunakan pesawat Garuda. Siapkan kelengkapan perjalanan Dinas yang
diperlukan.
5. Undangan pembukaan Kantor Bank Perkreditan Rakyat
(BPR) “BERINGHARJO” Jalan Maliobor 111 Yogyakarta, Kamis 6 Oktober 2016 Pukul
16.00, memerlukan kendaraan Dinas dan driver.
6. Senin, 3 Oktober 2016,Pukul 09.00 Pimpinan menerima
tamu Ibu Lanita, Sekretaris PT. ANDALAS Cab. Yogyakarta. Siapkan berkas kerja
Pimpinan dan ruang tempat pertemuan.
7.
Undangan
pembicara pada Seminar Nasional di Universitas Gadjah Mada, Senin 10 Oktober
2016 jam 10.00 WIB. Siapkan makalahnya.
Rabu, 12 Oktober 2016 rapat terbatas Divisi
Pemasaran. Setiap Rabu diadakan Rapat evaluasi untuk Divisi Pemasaran.
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon